BORE UP JUPITER
Z DAN VEGA R 130cc
Membuat motor kencang itu tidak
sulit asalkan punya skill, keberanian, peralatan dan yang pastinya Modal/Dana
speed lovers,,,!! Kalau gak ada dana gimana bisa bangun motor kencang,,,??? Tapi tenang saja dana yang di butuhkan untuk
kohar(KOREK HARIAN)/street racing performance(SRP),,,hehe,,ngarang
bahasanya,,,!! Buat motor bebek seperti
Jupiter atau Vega tidak lebih 500 ribu,,,udah cukup buat beli parts and ongkos
pasang,,,!!
Yang pertama
di lakukan adalah cukup membeli piston Kawasaki
Blitz Joy(56mm) yang mereknya NPP, Karena bentuknya yang enggak jauh beda
sama piston standar Jupiter Z/Vega
(51mm) dan diameter pin piston yang
sama(13mm) .
Jika di aplikasikan ke Jupiter
Z atau Vega yang punya spek satandar 51mm X 54mm (bore X stroke) kapasitasnya
jadi 132,9 cc. apalagi untuk New Jupiter, speknya sebelas dua belas
dengan Vega ZR yang 50,0mm X 57,9mm, hasilnya 142,5 cc.
Kiri Piston Blitz Joy dan Kanan jupiter Z/Vega
Yang
kedua yaitu puncak sehernya dibuatkan alur klep(doom)
baru. Apalagi noken as sudah kena gerinda alias durasinya dan lifnya sudah di rubah,
wajib bikin alur klep(doom) biar nggak
saling tabrak dengan paying
klep,,,!! Bukannya motor jadi kenceng malah jebool ntr,,!!
Coakan
Piston harus di buat ulang (doom piston)
Yang
terakhir yaitu mengganti Liner standar Jupiter dengan
Liner yang lebih besar dan tebal, karena kalau pasang Piston Blitz Joy tanpa
mengganti liner standarnya mesin jadi cepat panas karena liner sangatt
tipiss,,,!! Cukup ganti dengan liner/Boringannya dengan Blitz Joy yang
ukurannya sudah pas sama pistonnya , jadi tidak banyak ubahan. Bawa ke tukang
bubut saja,,selesai deehh,,,!! Tinggal rakit mesin kembali,,,,!!
Meski pantat piston Blitz Joy terlihat
lebih panjang dari satandar Jupiter Z atau Vega,
tetap aman bila langsung dipasang. Namun,
bila dipasang
pada New Jupiter dan Vega
ZR harus dipotong pantatnya 35 mm. itu diukur dari kepala piston. Pokoknya
ongkos buat ganti boring, modif piston dan beli
piston kit (NPP) total hanya Rp 300 rebuan, sisanya buat ongkos
mekanik, pas dengan 500 ribu tadi
Jangan
lupa untuk menyeting ulang karburatornya supaya pasokan bahan bakar masuk pas
dengan kapasitas ruang bakar yang sekarang . Macam kepala piston. Biasanya main-jet dan pilot-jet naik
sekitar 2-3 step. Habis tinggal
lihat businya, kalau masih putih tambah lagi main-jet sampai warna busi seperti
batu bata.
Good
Luck,,,,!!
bengkel mana gan yang bisa modif kayak gitu
BalasHapus?
Nice Info bro ,,buat yang lagi cari spare part racing ,, mampir ke website kita bro Jual Spare Part Racing
BalasHapusBengkel.a dmna gan,,? Aku mau nah mas garapkn seperti itu motor vega saya
BalasHapusBolehjuga tuh
BalasHapusDaerah mana gan... kl dkt mau masukin mtr ane
BalasHapusKalo connecting rodnya pake punyanya blitz joy boleh kagak gan,?
BalasHapusItu lubang crankcase mesti di besarin lg g gan??
BalasHapusApa kombinasi untuk cdi nya yg pas untuk kohar 130 standr or aftermarket
BalasHapusCDI MIO awal ajj gan. No limmit
HapusPake piston blitjoy divega r 2004 coak tengjes gak gan
Hapus