Senin, 04 Maret 2013

BORE UP JUPITER Z DAN VEGA R 130CC


BORE UP JUPITER Z DAN VEGA R 130cc
 jupiter Z (2).jpg010620122527.jpg
Membuat motor kencang itu tidak sulit asalkan punya skill, keberanian, peralatan dan yang pastinya Modal/Dana speed lovers,,,!! Kalau gak ada dana gimana bisa bangun motor kencang,,,???  Tapi tenang saja dana yang di butuhkan untuk kohar(KOREK HARIAN)/street racing performance(SRP),,,hehe,,ngarang bahasanya,,,!! Buat  motor bebek seperti Jupiter atau Vega tidak lebih 500 ribu,,,udah cukup buat beli parts and ongkos pasang,,,!!
Yang pertama di lakukan adalah cukup membeli piston Kawasaki Blitz Joy(56mm) yang mereknya NPP, Karena bentuknya yang enggak jauh beda sama piston standar Jupiter Z/Vega (51mm) dan diameter pin piston yang sama(13mm) .

npp.jpg
Jika di aplikasikan ke  Jupiter Z atau Vega  yang punya spek satandar 51mm X 54mm (bore X stroke) kapasitasnya jadi 132,9 cc. apalagi untuk New Jupiter, speknya sebelas dua belas dengan Vega ZR yang 50,0mm X 57,9mm, hasilnya 142,5 cc.
piston 2.jpg
Kiri Piston Blitz Joy dan Kanan jupiter Z/Vega




Yang kedua yaitu  puncak sehernya dibuatkan alur klep(doom) baru. Apalagi noken as sudah kena gerinda alias durasinya dan lifnya sudah di rubah,  wajib bikin alur klep(doom) biar nggak saling tabrak dengan paying klep,,,!! Bukannya motor jadi kenceng malah jebool ntr,,!!


seher doom.jpg
Coakan Piston harus di buat ulang (doom piston)




Yang terakhir  yaitu mengganti Liner standar Jupiter dengan Liner yang lebih besar dan tebal, karena kalau pasang Piston Blitz Joy tanpa mengganti liner standarnya mesin jadi cepat panas karena liner sangatt tipiss,,,!! Cukup ganti dengan liner/Boringannya dengan Blitz Joy yang ukurannya sudah pas sama pistonnya , jadi tidak banyak ubahan. Bawa ke tukang bubut saja,,selesai deehh,,,!! Tinggal rakit mesin kembali,,,,!!

liner.jpgblok jupiter.jpg

Meski pantat piston Blitz Joy terlihat lebih panjang dari satandar Jupiter Z atau Vega, tetap aman bila langsung dipasang. Namun, bila dipasang pada New Jupiter dan Vega ZR harus dipotong pantatnya 35 mm. itu diukur dari kepala piston. Pokoknya ongkos buat ganti boring, modif piston dan beli piston kit (NPP) total hanya Rp 300 rebuan, sisanya buat ongkos mekanik, pas  dengan 500 ribu tadi
Jangan lupa untuk menyeting ulang karburatornya supaya pasokan bahan bakar masuk pas dengan kapasitas ruang bakar yang sekarang . Macam kepala piston. Biasanya main-jet dan pilot-jet naik sekitar 2-3 step. Habis tinggal lihat businya, kalau masih putih tambah lagi main-jet sampai warna busi seperti batu bata.
Good Luck,,,,!!


10 komentar:

  1. bengkel mana gan yang bisa modif kayak gitu
    ?

    BalasHapus
  2. Nice Info bro ,,buat yang lagi cari spare part racing ,, mampir ke website kita bro Jual Spare Part Racing

    BalasHapus
  3. Bengkel.a dmna gan,,? Aku mau nah mas garapkn seperti itu motor vega saya

    BalasHapus
  4. Daerah mana gan... kl dkt mau masukin mtr ane

    BalasHapus
  5. Kalo connecting rodnya pake punyanya blitz joy boleh kagak gan,?

    BalasHapus
  6. Itu lubang crankcase mesti di besarin lg g gan??

    BalasHapus
  7. Apa kombinasi untuk cdi nya yg pas untuk kohar 130 standr or aftermarket

    BalasHapus
    Balasan
    1. CDI MIO awal ajj gan. No limmit

      Hapus
    2. Pake piston blitjoy divega r 2004 coak tengjes gak gan

      Hapus